Tunas Hijau Indonesia: Mengenal Sosok Runner Up 3 Puteri LH 2012

Tunas Hijau Indonesia memposting salah satu siswa kita. dengan caption sebagai berikut
tunashijauid-SOSOK

Taffy Nirarale Kamajaya, Runner Up 3 Puteri LH 2012

Pada tahun 2013 lalu, Taffy Nirarale Kamajaya, runner up 3 Puteri Lingkungan Hidup 2012 telah berkunjung ke Australia untuk program Cross Culture Environment Education Exchange Australia-Indonesia. Pada Oktober 2016 lalu, kader lingkungan hidup SMPN 19 Surabaya ini kembali mengunjungi negeri kangguru itu selama 12 hari.

Pada kunjungan Oktober 2016 lalu, dia mengikuti MK 20 UNconference for Future Thinkers 2016 dan Cross Culture Environment Education Exchange Australia-Indonesia. Kunjungan ini terasa sangat berkesan bagi Taffy, panggilan akrab Taffy Nirarale Kamajaya yang memiliki project pengomposan sampah organik di pemukiman sekitar tempat tinggalnya ini. “Selama berkunjung di Australia pada Oktober 2016 ini yang sangat berkesan itu waktu kita ke Kalgoorlie dan Coolgardie bareng rombongan dari Malaysia. Terutama waktu kita ke tambang emas, dan Burra Rock,” kata Taffy Nirarale Kamajaya yang memiliki hobi main bass, ngoleksi buku berseri dan baca buku ini.

Menurutnya, pemandangan Burra Rock dan sekitarnya sangat bagus. “Hanya pohon akasia yang banyak tumbuh di Burra Rock, Australia Barat ini. Terus kita jadi tahu bagaimana orang Aborigin, penduduk asli Australia, ngambil air di cekungan-cekungan tanah bebatuannya yang sangat khas,” terang Taffy yang lahir di Surabaya pada 5 September 2003 ini.

Taffy lantas semakin bersemangat untuk membiasakan diri melakukan upaya konservasi air dalam kehidupan sehari-hari. “Konservasi air bisa dilakukan dengan menampung air bekas wudhu dan menyiramkannya ke tanaman. Bisa juga dengan membuat lubang resapan biopori. SMPN 19 melakukan keduanya,” kata Taffy Nirarale yang juga alumni SD SAIM Surabaya ini.